- Posted by : Regina sevila putri | XI PSPT 4
- on : August 07, 2025
Ringkasan Panjang:
Artikel ini mengangkat tantangan sistemik dalam dunia pendidikan Indonesia yang masih
terus bergulir meskipun alokasi anggaran pendidikan telah mencapai 20% dari Anggaran
Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Beberapa poin penting yang disorot dalam artikel
ini antara lain:
1. **Rendahnya Hasil Belajar Siswa di Tes Internasional (PISA)**
Indonesia mendapat peringkat rendah dalam PISA 2022—terutama dalam aspek membaca, matematika, dan sains. Hal ini menunjukkan lemahnya kemampuan dasar siswa dalam
berpikir logis, bernalar, dan memecahkan masalah. 2. **Kesenjangan dalam Akses dan Kualitas Pendidikan** Ketimpangan antara daerah perkotaan dan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) sangat
mencolok. Sekolah-sekolah di daerah terpencil masih minim fasilitas, kekurangan guru
berkualitas, dan kesulitan akses ke teknologi pembelajaran. 3. **Kurikulum yang Terlalu Fokus pada Hafalan** Sistem pendidikan Indonesia masih sangat terpusat pada kemampuan menghafal
ketimbang berpikir kritis dan kreatif. Hal ini tidak mempersiapkan siswa untuk dunia kerja
atau tantangan global yang membutuhkan keterampilan abad 21. 4. **Kualitas Guru dan Beban Administratif** Banyak guru yang masih belum mendapatkan pelatihan profesional berkelanjutan. Ditambah lagi, guru kerap dibebani tugas administratif yang menyita waktu mengajar dan
pembinaan siswa. 5. **Evaluasi: Belum Berdampak Nyata** Walaupun pemerintah telah menerapkan berbagai program seperti *Merdeka Belajar*, belum terlihat dampak signifikan pada kualitas pembelajaran dan peningkatan literasi siswa
secara luas. Kesimpulan
Untuk menghadapi masa depan, Indonesia membutuhkan reformasi pendidikan yang lebih
menyeluruh—tidak hanya soal anggaran, tetapi juga dalam desain kurikulum, pembinaan
guru, serta keadilan dalam akses pendidikan. Sumber referensi
(https://www.pijakanrakyat.com/2025/05/tantangan-besar-sistem-pendidikan-
indonesia.html?utm_source=chatgpt.com)
Disusun oleh :
Ardiansyah Ramadhan | XI PSPT 4
